Search

Skandal FTX Bikin Was-was, Bappebti Kerahkan Kripto Lokal - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejatuhan FTX yang terjadi tahun lalu, membuat Bappebti mendorong adanya koin lokal. Dengan begitu, jika terjadi masalah maka bisa dilacak dengan cepat.

"Ketika kayak kemarin FTX jatuh, enggak pernah tahu FTX ada di mana, siapa Sam Bankman-Fried [pendiri FTX] dan sebagainya, enggak bisa ngapa-ngapain," kata Plt Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Didid Noordiatmoko, di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

"Kalau ada di lokal ada di dalam negeri, inisiatornya ada di dalam negeri, blockchain ada di dalam negeri. Ada masalah lapor ke Bareskrim, imigrasi tolong dicekal".

Namun berbeda jika masalah menimpa pada perusahaan kripto atau koin yang ada di luar negeri. Agak sulit untuk melacak terkait perusahaan tersebut.

"Ketika trust apakah betul ada proyeknya, kami belum punya kemampuan untuk melihat betul proyeknya seperti apa. Saya mendorong koin lokal," ungkapnya.

Sayangnya penggunaan masih banyak yang tidak setuju. Didid menjelaskan salah satunya adalah terkait kepercayaan masyarakat atas koin lokal.

Selain itu juga ada masalah nama yang tidak begitu populer jika dibandingkan dengan Bitcoin maupaun Ethereum. Termasuk jaminan keamanan koin lokal tersebut.

"Apakah bisa dipercaya enggak koin lokal. Kan belum punya nama, kalau kayak Bitcoin, Ethereum udah branded. Siapa yang di lokal bagaimana keamanannya bisa dijamin," jelas Didid.

Terkait naik-turun harga kripto, Didid mengingatkan tidak bisa melakukan apa-apa. Harga koin lokal maupun Bitcoin ataupun Ethereum bergantung pada pasar.

"Namun soal harga kriptonya, kami enggak bisa ngapa-ngapain. Kami enggak bisa memaksa harga koin lokal akan sama dengan Bitcoin," kata Didid.


[Gambas:Video CNBC]

(tib)

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMidGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMzAyMDIxNTI1MTgtMzctNDEwNDk0L3NrYW5kYWwtZnR4LWJpa2luLXdhcy13YXMtYmFwcGVidGkta2VyYWhrYW4ta3JpcHRvLWxva2Fs0gF4aHR0cHM6Ly93d3cuY25iY2luZG9uZXNpYS5jb20vdGVjaC8yMDIzMDIwMjE1MjUxOC0zNy00MTA0OTQvc2thbmRhbC1mdHgtYmlraW4td2FzLXdhcy1iYXBwZWJ0aS1rZXJhaGthbi1rcmlwdG8tbG9rYWwvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Skandal FTX Bikin Was-was, Bappebti Kerahkan Kripto Lokal - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.