Search

Harga Kripto dalam Tren Penguatan, Waspadai "Bull Trap" - Kompas.com - Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto pada bulan Maret mencatatkan kinerja cukup positif. Hal ini ditandai dengan penguatan secara bulanan yang dicatatkan oleh sejumlah kripto dengan kapitalisasi pasar besar.

Misal saja aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin. Pada awal Maret, Bitcoin masih bergerak pada kisaran 23.000 dollar AS per keping. Namun, pada Jumat (31/3/2023), Bitcoin bergerak pada kisaran 28.000 dollar AS per keping.

Kenaikan juga dicatatkan oleh kripto raksasa lainnya, Ethereum. Pada awal bulan, harga Ethereum bergerak pada kisaran 1.600 dollar AS per keping. Saat ini, Ethereum diperdagangkan di kisaran 1.800 dollar AS per keping.

Baca juga: Harga Bitcoin Cenderung Stabil, Cek Rician Harga Kripto Hari Ini

Dengan melihat kenaikan-kenaikan tersebut, sejumlah pihak menilai kripto mengalami reli bullish pada Maret ini. CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, pada dasarnya kenaikan harga itu pada dasarnya disebabkan permintaan aset kripto jauh lebih banyak dari penawaran.

Adapun pemicu kenaikan permintaan tersebut, salah satunya ialah semakin meningkatnya pemahaman terkait kripto. Menurut Oscar, saat ini semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan mempelajari aset kripto.

"Mereka banyak mendapatkan awareness dari media massa dimana harga Bitcoin naik sekian persen sehingga memutuskan untuk membeli Bitcoin," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Bitcoin Diprediksi Bisa Sentuh Level 30.000 Dollar AS, Cek Rician Harga Kripto Hari Ini

Selain itu, kondisi perekonomian global yang masih tidak menentu, dipicu kondisi sejumlah bank global, juga turut mengerek harga kripto. Dengan kekhawatiran yang terjadi, investor memilih untuk mengalihkan dananya ke instrumen investasi lain.

Akan tetapi di tengah tren kenaikan harga kripto saat ini, Oscar mengingatkan kepada investor untuk mewaspadai bull trap. Bull trap sendiri merupakan suatu fenomena ketika harga kripto mengalami kenaikan signifikan setelah berada dalam fase bearish cukup lama.

"Dengan naiknya harga kripto ini akan membuat investor percaya bahwa harga kripto ini akan terus mengalami reli bullish dan mulai membeli kripto," tutur Oscar.

Baca juga: Bitcoin dan Dogecoin Menguat, Cek Rincian Harga Kripto Hari Ini

"Namun, kenyataannya volatilitas kripto sangat cepat," tambah dia.

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMiaGh0dHBzOi8vbW9uZXkua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjMvMDMvMzEvMTkzMDAwNTI2L2hhcmdhLWtyaXB0by1kYWxhbS10cmVuLXBlbmd1YXRhbi13YXNwYWRhaS1idWxsLXRyYXAt0gFraHR0cHM6Ly9hbXAua29tcGFzLmNvbS9tb25leS9yZWFkLzIwMjMvMDMvMzEvMTkzMDAwNTI2L2hhcmdhLWtyaXB0by1kYWxhbS10cmVuLXBlbmd1YXRhbi13YXNwYWRhaS1idWxsLXRyYXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Kripto dalam Tren Penguatan, Waspadai "Bull Trap" - Kompas.com - Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.