Search

Bank Standard Chartered Ramal Harga Bitcoin Tembus Rp 1,4 Miliar, Kapan? - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Laporan penelitian oleh Standard Chartered Bank mengungkapkan musim dingin kripto akhirnya berakhir dan bitcoin (BTC), mata uang kripto terbesar di dunia, berpotensi mencapai USD 100.000 atau setara Rp 1,4 miliar (asumsi kurs Rp 14.953 per dolar AS) pada akhir 2023.

Pendakian ke USD 100.000 dapat didorong oleh sejumlah faktor, termasuk krisis sektor perbankan baru-baru ini yang membantu membangun kembali penggunaan bitcoin sebagai aset digital langka yang terdesentralisasi, kata bank tersebut dalam laporannya pada Senin, 24 April 2023.

“Dengan latar belakang ini, bitcoin mendapat manfaat dari statusnya sebagai safe haven bermerek, penyimpan nilai relatif yang dirasakan dan sarana pengiriman uang,” tulis analis Standard Chartered Bank, Geoff Kendrick dikutip dari CoinDesk, Selas (25/4/2023). 

Laporan itu juga mencatat salah satu pendorong harga mencapai USD 100,00 adalah latar belakang makro yang lebih luas untuk aset berisiko yang secara bertahap membaik karena Federal Reserve mendekati akhir siklus pengetatan kebijakan moneter. 

“Sementara BTC dapat diperdagangkan dengan baik ketika aset berisiko menderita, korelasi dengan Nasdaq menunjukkan bahwa BTC harus diperdagangkan lebih baik jika aset berisiko meningkat secara luas,” jelas Kendrick.

Standard Chartered memperkirakan pangsa bitcoin dari seluruh kapitalisasi pasar kripto akan naik kembali ke kisaran 50-60 persen. Tingkat dominasi bitcoin sekarang sekitar 47 persen, menurut data dari TradingView. 

Halving Bitcoin yang akan datang, proses di mana hadiah untuk menambang blok baru dibelah dua setiap empat tahun  juga siap menjadi pendorong positif untuk bitcoin, tulis Kendrick. 

“Saat kami mendekati separuh berikutnya, kami berharap pengemudi siklis menjadi lebih konstruktif, seperti yang mereka lakukan pada siklus sebelumnya,” pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Bitcoin Melemah 9 Persen dalam Sepekan, Ekonomi AS jadi Pendorong

Tren penurunan Bitcoin terus berlanjut, dengan kripto terbesar saat ini diperdagangkan di sekitar USD 27.500 atau setara Rp 411,2 juta (asumsi kurs Rp 14.953 per dolar AS) turun lebih dari 9 persen dalam seminggu terakhir, menurut data dari CoinGecko.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (25/4/2023), penurunan BTC menghapus keuntungan awal April Bitcoin di atas USD 30.000 atau setara RP 448,6 juta. Kini Bitcoin bergerak di bawah nilai penutupan bulan sebelumnya sekitar USD 28.500 atau setara Rp 426,1 juta.

Beberapa kripto terkemuka lainnya juga tergelincir selama seminggu terakhir, mayoritas dari 10 cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. 

Penyebab Penurunan

Penguatan dolar AS mendorong penurunan, dengan bank sentral Amerika diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan sebesar seperempat basis poin lagi dalam pertemuan tingkat kebijakan Mei mendatang. 

Dolar dengan imbal hasil lebih tinggi membuat aset yang tidak memberikan imbal hasil seperti cryptocurrency dan emas menjadi kurang menarik.

Akhir-akhir ini, Bitcoin memiliki korelasi yang lebih kuat dengan emas daripada indeks pasar saham, menurut data dari Valkyrie Fund. Ini terjadi terutama setelah runtuhnya Silicon Valley Bank, yang memicu kekhawatiran tentang kegagalan perbankan.

 

3 dari 3 halaman

Faktor Lain

Faktor lain yang dilaporkan berkembang dalam ekonomi Amerika adalah krisis plafon utang. Departemen Keuangan AS memegang jumlah utang bersejarah, utang saat ini melebihi batas utang USD 31,4 triliun, dengan sekitar USD 31,46 triliun sudah diambil pinjaman.

Plafon utang Departemen Keuangan AS adalah jumlah maksimum utang yang dapat dipinjam pemerintah AS untuk memenuhi kewajiban keuangannya. Kongres menentukan plafon utang, dan suara mayoritas dapat mengubahnya.

Sementara beberapa pendukung Bitcoin percaya bahwa harga Bitcoin dapat dinaikkan jika kepercayaan pada ekonomi Amerika goyah, reaksi impulsif dari krisis ekonomi global telah menciptakan banyak ketidakpastian di pasar.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9jcnlwdG8vcmVhZC81MjY5NDM2L2Jhbmstc3RhbmRhcmQtY2hhcnRlcmVkLXJhbWFsLWhhcmdhLWJpdGNvaW4tdGVtYnVzLXJwLTE0LW1pbGlhci1rYXBhbtIBamh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9hbXAvNTI2OTQzNi9iYW5rLXN0YW5kYXJkLWNoYXJ0ZXJlZC1yYW1hbC1oYXJnYS1iaXRjb2luLXRlbWJ1cy1ycC0xNC1taWxpYXIta2FwYW4?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bank Standard Chartered Ramal Harga Bitcoin Tembus Rp 1,4 Miliar, Kapan? - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.