Search

7 Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia, Ada Elon Musk? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi mata uang kripto sangat menggiurkan pada masa kejayaannya tahun 2020-2021 lalu. Para penambang mendapat keuntungan besar bahkan banyak yang menjadi prang kaya baru dari investasi Bitcoin atau Ethereum.

Cryptocurrency dianggap hanya sebagai investasi berisiko tinggi yang tidak memilik underlying atau aset dasar yang jelas. Teknologi di belakangnya, Blockchain, dianggap tak cocok sebagai aset dasar.

Seiring melesatnya harga aset kripto beberapa tahun lalu sempat membuat banyak investor dan trader meninggalkan saham. Mereka berburu cuan dengan cepat melalui cryptocurrency. Bitcoin dan uang digital pun menghasilkan orang terkaya di dunia.

Berikut pemilik Bitcoin terbanyak :

1. Cameron dan Tyler Winklevoss

Saudara kembar ini merupakan pendatang baru daftar orang terkaya dari cryptocurency versi Forbes. Mantan altet dayung mulai mengoleksi Bitcoin pada 2012. Mereka meluncurkan bursa kripto bernama Gemini dan mencaplok platform lelang seni digital Nefty Gateway.

Mereka juga dikenal karena konflik mereka dengan Mark Zuckerberg atas penciptaan Facebook, dari mana mereka menerima penyelesaian hukum sebesar US$65 juta.

Pada tahun 2013, keduanya mengumumkan bahwa mereka memiliki US$11 juta dalam bentuk crypto melalui perusahaan investasi mereka, ketika nilainya hanya sebagian kecil dari nilainya hari ini.

Mereka menggenggam Bitcoin selama bertahun-tahun dan mendapatkan keuntungan luar biasa pada tahun 2020. Hari ini, si kembar Winklevoss memiliki sekitar US$6 miliar dalam Bitcoin.

2. Michael Saylor

Michael Saylor merupakan CEO perusahaan software MicroStrategy. Ia dikenal sebagai pendukung uang kripto. Saylor mendirikan MicroStrategy pada tahun 1989, sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai program perangkat lunak dan layanan berbasis cloud untuk berbagai klien.

Saylor mulai membeli Bitcoin dan memiliki lebih dari 120.000 dan terus melakukan akumulasi jika harga Bitcoin mengalami penurunan.

Pada tahun 2021 lalu, mereka memiliki memiliki total kekayaan mencapai US$2,3 miliar setelah berinvestasi pada Bitcoin sebelum harganya melambung tinggi.

3. Exchange Kripto

Crypto exchange pertama di dunia yakni bitcoinmarket.com yang dirilis melalui forum bitcointalk pada 15 Januari 2010. Namun seiring berjalannya waktu, kehadiran Mt.Gox menjadi leader dalam crypto exchange.

Crypto exchange ini memonopoli volume perdagangan bitcoin lebih dari 80% dari total volume transaksi perdagangannya. Namun, sayangnya pada tahun 2014, Mt.Gox berhasil diretas sepenuhnya.

Saat ini, crypto exchange terbesar di dunia berdasarkan volumenya adalah Binance. Changpeng Zhao mendirikan Binance pada Juli 2017 dan hingga saat ini mendominasi volume total transaksi kripto.

4. Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto menciptakan Bitcoin pada tahun 2009. Ia diduga menambang total sebanyak 1.125.150 BTC. Disebut Nakamoto menyimpan lebih dari setengahnya, setara dengan hampir US$30 miliar dalam USD.

5. Lembaga Penegak Hukum

Menurut Currency, pemilik Bitcoin terbanyak adalah lembaga hukum atau lembaga pemerintah. Contohnya, Bulgaria yang berhasil menggenggam 213.500 BTC pada tahun 2017 sebelum mata uang kripto menembus US$ 20.000 untuk pertama kalinya.

Jika koin-koin tersebut masih dipegang, maka setara dengan US$6,2 miliar pada 27 April 2023.

Sementara itu, FBI pun memiliki 144.000 BTC ketika menutup situs Silk Road pada tahun 2013. Sayangnya, FBI akhirnya menjual tangkapan kripto ini dengan harga rata-rata US$334 per koin dan jika melihat harga Bitcoin sekarang, maka FBI telah kehilangan miliaran rupiah.

6. Barry Silbert

Barry Silbert merupakan pendiri dan CEO konglomerat Digital Currency Group (DCG), perusahaan tersebut memiliki tujuan untuk membangun dan mendukung pengembangan berbasis blockchain.

Konglomerat ini mencakup berbagai perusahaan, termasuk penyedia likuiditas dan perusahaan investasi. DCG telah berinvestasi di lebih dari 200 perusahaan rintisan kripto dan bahkan berhasil mengakuisisi CoinDesk dan Coinbase, pertukaran mata uang kripto yang sangat populer.

Perusahaan ini mengelola investasi yang menampung lebih dari 650.000 Bitcoin. Ini berjumlah lebih dari US$ 25 miliar dalam USD.

7. Tim Draper

Tim Draper merupakan investor modal ventura Amerika dan pendiri Universitas Draper. Sejak 1980-an, Draper telah melakukan investasi awal di perusahaan yang telah menjadi raksasa industri, seperti Tesla, Skype, dan Coinbase. Tapi investasi awalnya di Bitcoin yang membuatnya menjadi miliarder kripto.

Pada tahun 2014 lalu, Draper membeli 30.000 Bitcoin seharga US$ 19 juta di sebuah lelang setelah disita dari pasar online Silk Road yang ilegal. Kini, jumlah Bitcoin tersebut bernilai lebih dari satu miliar dolar.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Awas, Harga Bitcoin Longsor ke bawah US$ 29.500


(fsd/fsd)

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIzMDkxNDA2NTU1Ny0xNy00NzIzMDkvNy1wZW1pbGlrLWJpdGNvaW4tdGVyYmFueWFrLWRpLWR1bmlhLWFkYS1lbG9uLW11c2vSAXRodHRwczovL3d3dy5jbmJjaW5kb25lc2lhLmNvbS9tYXJrZXQvMjAyMzA5MTQwNjU1NTctMTctNDcyMzA5LzctcGVtaWxpay1iaXRjb2luLXRlcmJhbnlhay1kaS1kdW5pYS1hZGEtZWxvbi1tdXNrL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia, Ada Elon Musk? - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.