Search

Pasar Kripto Naik Tipis, Investor Waspada Dampak Lonjakan Harga Minyak - Investor.ID

JAKARTA, investor.id – Pasar kripto naik tipis dalam 24 jam terakhir. Bitcoin dan Binance melemah, sedangkan Ethereum menguat. Investor waspada dampak lonjakan harga minyak yang berpotensi akan memberikan tekanan pada pasar kripto. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi (6/9/2023) pukul 06.55 WIB, kapitalisasi pasar kripto global naik 0,08% menjadi US$ 1,04 triliun dalam 24 jam. Kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,15% dalam 24 jam terakhir. Saat ini, harga Bitcoin di level US$ 25.776,90 per koin atau setara Rp 394,90 juta (Kurs, Rp 15.320).

Binance (BNB) juga melemah 0,30% dalam sehari terakhir. Dengan begitu, saat ini BNB berada di level US$ 214,50 per koin. Sedangkan Ethereum (ETH) menguat 0,28% dalam 24 jam. Sehingga ETH dibanderol dengan harga US$ 1.633,46 per koin.

Advertisement

Dikutip dari CoinDesk, berita makro menunjukkan berlanjutnya tekanan pada pasar kripto. Dalam pengumuman terpisah pada Senin pagi, Arab Saudi dan Rusia mengejutkan pasar. Kedua negara tersebut akan memperpanjang pengurangan produksi minyak selama tiga bulan lagi hingga Desember. Berita tersebut membuat harga minyak mentah WTI naik lebih dari 1% menjadi US$ 86,74, level terkuat sejak November 2022.

Pada sisi lain, harga minyak yang lebih tinggi menyebabkan harga yang lebih tinggi di pompa bensin, yang menyebabkan pembacaan inflasi yang lebih tinggi dan dengan demikian juga meningkatkan tingkat suku bunga. Sejauh instrumen suku bunga bersaing dengan aset berisiko untuk mendapatkan modal, berita tentang minyak dalam jangka pendek dapat dianggap bearish untuk harga bitcoin. 

Pasar kripto akan mendapatkan pembacaan resmi berikutnya mengenai inflasi AS pada 13 September ketika pemerintah merilis laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk bulan Agustus.

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMiZ2h0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzMzOTgwMi9wYXNhci1rcmlwdG8tbmFpay10aXBpcy1pbnZlc3Rvci13YXNwYWRhLWRhbXBhay1sb25qYWthbi1oYXJnYS1taW55YWvSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasar Kripto Naik Tipis, Investor Waspada Dampak Lonjakan Harga Minyak - Investor.ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.