Search

Pemerintah Jerman Jual Bitcoin Ratusan Juta Dolar, Harga Ambruk! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Selama beberapa pekan terakhir, pemerintah Jerman menjual Bitcoin senilai ratusan juta dolar. Hal ini digadang-gadang menjadi faktor ambruknya harga Bitcoin.

Bulan lalu, pemerintah Jerman mulai menjual Bitcoin dari dompet digital yang dikendalikan kepolisian kriminal federal negara tersebut yang disebut Budeskriminalamt (BKA).

BKA menjul 900 Bitcoin pada Juni lalu senilai US$52 juta. Bitcoin tersebut didapat dari penggerebekan situs pembajakan film yang kini sudah diblokir.

Pekan lalu, pemerintah Jerman kembali menjual 3.000 Bitcoin senilai US$172 juta. Lalu, pada awal pekan ini, kepolisian Jerman kembali menjual 2.739 Bitcoin senilai US$155 juta.

Jerman selama ini menyimpan aset kripto ke bursa populer seperti Coinbase, Bitstamp, dan Kraken, dikutip dari CNBC International, Selasa (9/7/2024).

Pemerintah Jerman tak segera memberikan komentar.

Harga Bitcoin Kebakaran

Penjualan Bitcoin besar-besaran oleh pemerintah Jerman telah mendorong harga mata uang kripto tersebut jatuh secara drastis. Pada Jumat pekan lalu, harga Bitcoin tenggelam ke US$55.000 atau menyentuh level terendah sejak Februari 2024.

Penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman bukan satu-satunya yang bikin investor waswas. Harga kripto juga tertekan gara-gara pembayaran ganti rugi yang dilakukan bursa dagang kripto Mt.Gox.

Mt.Gox dinyatakan bangkrut pada 2014 lalu lantaran diserang hacker dan membuat aset nasabah hilang. Namun, Mt.Gox baru-baru ini mengemukakan komitmen untuk mengembalikan aset nasabah yang berhasil diselamatkan senilai US$9 miliar.

Pada Jumat pekan lalu, Nobuaki Kobayashi yang merupakan wali untuk kebangkrutan Mt.Gox, mengatakan para nasabah sudah mulai menerima aset mereka dalam bentuk Bitcoin dan tunai Bitcoin melalui beberapa platform perdagangan kripto.

GoinGecko mengatakan ada sekitar 19,7 juta Bitcoin yang beredar saat ini dengan nilai sekitar US$1,1 triliun.

Bagi investor, penjualan besar-besaran dari pemerintah Jerman dan pembayaran aset nasabah dari Mt.Gox berdampak pada 'mood' pasar.

"Meski terhitung kecil, penjualan Bitcoin itu memengaruhi sentimen," kata James Butterfill, kepala riset di CoinShares.

Saksikan video di bawah ini:

Video: Strategi Indosat Maksimalkan Konektivitas di Indonesia


(fab/fab)

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMiemh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyNDA3MDkxMjQ4MDUtMzctNTUzMDAwL3BlbWVyaW50YWgtamVybWFuLWp1YWwtYml0Y29pbi1yYXR1c2FuLWp1dGEtZG9sYXItaGFyZ2EtYW1icnVr0gF-aHR0cHM6Ly93d3cuY25iY2luZG9uZXNpYS5jb20vdGVjaC8yMDI0MDcwOTEyNDgwNS0zNy01NTMwMDAvcGVtZXJpbnRhaC1qZXJtYW4tanVhbC1iaXRjb2luLXJhdHVzYW4tanV0YS1kb2xhci1oYXJnYS1hbWJydWsvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Jerman Jual Bitcoin Ratusan Juta Dolar, Harga Ambruk! - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.