Search

Bitcoin Terus Tertekan, Bagaimana Potensinya Pekan Ini? - Investor.ID

JAKARTA, investor.id - Harga Bitcoin (BTC) terus tertekan hingga terjun ke level US$ 62 ribu. Kapitalisasi pasar kripto global pun ikut merosot 2,37% menjadi US$ 2,29 triliun. Bagaimana potensi bitcoin pada pekan ini?

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur menjelaskan, penurunan harga Bitcoin ini berhasil menembus level support di US$ 63 ribu, menyebabkan likuidasi senilai lebih dari US$ 140 juta. Penurunan ini mengungkap sejumlah masalah mendasar yang mungkin terlewatkan oleh pelaku pasar kripto. Bitcoin terus menunjukkan tren penurunan, menutup hari di bawah US$ 64 ribu untuk pertama kalinya sejak 14 Mei.

“Beberapa faktor utama yang menyebabkan kekhawatiran di kalangan pelaku pasar antara lain, sikap The Fed yang hawkish, arus keluar di ETF Spot dan penambang Bitcoin menjual aset mereka, menambah tekanan jual di pasar,” ungkap Fyqieh, Senin (24/6/2024).

Advertisement

Selama tiga bulan terakhir, Fyqieh menambahkan, harga Bitcoin bergerak dalam dua garis tren paralel di grafik harian. Pada 7 Juni, Bitcoin mencapai resistensi di US$ 71 ribu sebelum berbalik arah dan jatuh 8,37% ke US$ 66.114. Penurunan ini diperparah oleh ketidakpastian menjelang rilis data Indeks Harga Konsumen (CPI). Meskipun inflasi lebih rendah dari perkiraan, pasar masih belum pulih.

Fyqieh menambahkan, ETF Bitcoin spot mengalami arus keluar bersih selama empat dari lima hari terakhir minggu ini. Kekhawatiran tentang arah suku bunga The Fed meningkatkan tekanan jual di pasar. Pasar ETF Bitcoin spot di AS mencatat arus keluar bersih mingguan sebesar US$544,1 juta pada pekan yang berakhir 21 Juni.

Lebih lanjut Fyqieh mengatakan, pengumuman MicroStrategy untuk mengakuisisi 11.931 Bitcoin pada 20 Juni tidak berhasil mengubah suasana pasar yang bearish. Reaksi pasar yang minim terhadap berita ini menyoroti sentimen negatif yang ada. Pada hari Minggu, BTC turun untuk keenam kalinya dalam tujuh sesi dan turun hampir 7% sepanjang bulan Juni.

“Secara historis, investor biasanya bereaksi positif terhadap akuisisi Bitcoin oleh MicroStrategy,” papar Fyqieh.

Prospek Minggu Ini

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Follow Channel Telegram Official kami untuk update artikel-artikel investor.id

Follow

Baca Berita Lainnya di Google News

Read Now
IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

BAGIKAN

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMiV2h0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM2NTA2NC9iaXRjb2luLXRlcnVzLXRlcnRla2FuLWJhZ2FpbWFuYS1wb3RlbnNpbnlhLXBla2FuLWluadIBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bitcoin Terus Tertekan, Bagaimana Potensinya Pekan Ini? - Investor.ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.