Search

Seluk Beluk Kripto, dari Altcoin hingga ETF Bitcoin - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Fenomena kenaikan harga saham GameStop (GME) yang spektakuler pada mei kemarin tak hanya menggemparkan dunia pasar modal, tetapi juga membawa angin segar ke pasar mata uang kripto, terutama meme coin yang harganya juag terdongkrak.

CoinMarketCap mencatat harga Dogecoin, koin dengan label yang diambil dari meme anjing Shiba Inu bernama “Doge”, melojak hingga 14%. Tidak hanya itu, koin PEPE yang diambil dari meme “Pepe the frog”, juga meningkat hingga 100% sejak 29 April. 

Sebagian orang pasti tergiur dengan kenaikan harga sejumlah meme coin kripto tersebut. Namun, sebelum menceburkan diri ke dunia kripto, perlu diingat hal penting seperti membedakan aset-aset kripto yang ada saat ini. Nah, kamu harus bisa membedakan antara meme coin, altcoin, dan bitcoin. 

Bitcoin

Dikutip dari CNBC, Minggu (2/6/2024), Bitcoin adalah mata uang kripto pertama dan terbesar di pasar kripto dengan nilai total sebesar lebih dari $1,3 triliun (Rp21.127 triliun). Koin ini diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang sekarang masih menjadi misteri. Dalam proses penciptaan koin ini, Nakamoto ingin membuat mata uang alternatif yang tidak membutuhkan pemerintah atau institusi keuangan seperti bank untuk memfasilitasi transaksi 

Sebagaimana mata uang kripto lainnya, bitcoin didukung oleh teknologi blockchain yang berperan sebagai “tanda nama” digital dan terdesentralisasi. Teknologi ini berfungsi untuk mencatat transaksi yang terjadi di jaringan bitcoin. 

Bitcoin dirancang untuk membatasi “mining” hingga 21 juta koin. Hal ini bertujuan untuk menjaga nilai bitcoin sebagai aset investasi sehingga ketika permintaan meningkat, harganya juga ikut naik. 

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMipAFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vYW1wLzU2MDgyNTUvc2VsdWstYmVsdWsta3JpcHRvLWRhcmktYWx0Y29pbi1oaW5nZ2EtZXRmLWJpdGNvaW4_dXRtX3NvdXJjZT1kaWdpdGFsLW1hcmtldGluZyZ1dG1fbWVkaXVtPXBhcnRuZXJzaGlwJnV0bV9jYW1wYWlnbj1nb29nbGUtbmV3c9IBpAFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vYW1wLzU2MDgyNTUvc2VsdWstYmVsdWsta3JpcHRvLWRhcmktYWx0Y29pbi1oaW5nZ2EtZXRmLWJpdGNvaW4_dXRtX3NvdXJjZT1kaWdpdGFsLW1hcmtldGluZyZ1dG1fbWVkaXVtPXBhcnRuZXJzaGlwJnV0bV9jYW1wYWlnbj1nb29nbGUtbmV3cw?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Seluk Beluk Kripto, dari Altcoin hingga ETF Bitcoin - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.