Search

Harga Bitcoin Terus Anjlok, Sampai Kapan? - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin (BTC) terus mengalami pelemahan dalam sepekan terakhir. Harga aset kripto pertama di dunia ini terjun di bawah level USD 62.000 atau sekitar Rp 1,01 miliar. Penurunan ini dipicu oleh berbagai faktor, seperti penguatan dolar AS, arus keluar dari ETF Bitcoin spot, hingga minimnya penerbitan stablecoin.

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur mengatakan, tekanan jual Bitcoin terus meningkat akibat berbagai sentimen negatif, termasuk kekhawatiran terhadap suku bunga The Fed yang tinggi dan kekuatan dolar AS yang mengurangi daya tarik kripto.

The Fed mengisyaratkan akan mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama dari yang diharapkan, dengan kemungkinan hanya satu kali penurunan suku bunga tahun ini jika ekonomi AS sesuai dengan perkiraan.

"Meskipun siklus halving Bitcoin tahun 2024 berbeda dengan siklus sebelumnya, di mana harga mencapai rekor tertinggi baru sebelum, bukan setelah halving, banyak bukti menunjukkan bahwa kenaikan paling signifikan Bitcoin masih akan datang," kata Fyqieh dalam keterangan tertulis Minggu (30/6/2024).

Meskipun Bitcoin mengalami tekanan, altcoin, seperti memecoin dan token AI (artificial intelligence) justru menunjukkan penguatan dalam seminggu terakhir. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh investor yang mencari alternatif sementara di tengah ketidakpastian pasar Bitcoin, potensi pertumbuhan tinggi altcoin dan memecoin, dan pola teknis yang menandakan peluang rebound.

Fyqieh menjelaskan bahwa pergerakan ini menunjukkan pasar kripto yang sedang dalam fase konsolidasi. "Penurunan Bitcoin wajar terjadi dalam tren jangka panjang," tutur Fyqieh.

"Namun, memecoin dan token AI yang menguat menunjukkan minat investor terhadap alternatif lain di luar Bitcoin. Hal ini menunjukkan bahwa pasar kripto tidak hanya bergantung pada satu aset, dan investor mulai mencari peluang di aset lain."

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMiVGh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9jcnlwdG8vcmVhZC81NjMwOTQ4L2hhcmdhLWJpdGNvaW4tdGVydXMtYW5qbG9rLXNhbXBhaS1rYXBhbtIBTGh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9hbXAvNTYzMDk0OC9oYXJnYS1iaXRjb2luLXRlcnVzLWFuamxvay1zYW1wYWkta2FwYW4?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Bitcoin Terus Anjlok, Sampai Kapan? - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.