Search

Kian Menguat, Harga Bitcoin Kembali Tembus 67.000 Dollar AS per Keping - Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren penguatan harga aset kripto berlanjut hingga akhir pekan ini. Bahkan, harga Bitcoin telah kembali menembus level 67.000 dollar AS per keping.

Berdasarkan data CoinMarketCap, pada Sabtu (18/5/2024) hari ini, harga Bitcoin mencapai kisaran 67.100 dollar AS per keping. Nilai ini menguat sekitar 1,23 persen dalam kurun waktu 24 jam terakhir, dan melesat 10,37 persen selama sepekan.

Bukan hanya Bitcoin, kenaikan juga dialami oleh kripto besar lain, Ethereum. Tercatat nilai Ethereum menguat 2,87 persen dalam kurun waktu 24 jam dan 7,28 persen dalam sepekan, ke posisi 3.120,87 dollar AS. 

Baca juga: Inflasi AS Mereda, Harga Bitcoin Melesat

Ilustrasi bitcoin.UNSPLASH/KANCHANARA Ilustrasi bitcoin.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, tren penguatan pasar kripto tidak terlepas dari data inflasi AS yang diumumkan beberapa hari lalu.

Angka inflasi April sebesar 3,4 persen lebih rendah dari perkiraan pasar, dan dinilai menandakan penurunan tekanan inflasi.

"Penurunan inflasi AS memberikan angin segar bagi pasar kripto, terutama Bitcoin. Ini memperkuat kepercayaan investor terhadap potensi Bitcoin sebagai pelindung nilai terhadap inflasi," kata dia, dalam keterangannya, Sabtu.

Selain itu, Oscar bilang, kenaikan harga Bitcoin juga didukung oleh peningkatan aktivitas perdagangan di kalangan investor ritel dan institusi. Funding rates yang meningkat menunjukkan adanya peningkatan pembelian dengan leverage di banyak bursa ritel.

Baca juga: Fluktuasi Bitcoin Sedang Tinggi, Investor Diminta Pahami Kondisi Pasar

"Momentum seperti ini sangat dinantikan oleh para investor setiap bulannya," katanya.

Lebih lanjut Oscar menyebutkan, penentuan penurunan atau kenaikan inflasi di Amerika Serikat memiliki dampak signifikan terhadap suku bunga secara global.

Dalam konteks ini, investor akan menjadikan tingkat inflasi AS sebagai salah satu acuan utama dalam menentukan instrumen investasi yang paling tepat untuk dipilih.

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMid2h0dHBzOi8vbW9uZXkua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjQvMDUvMTgvMjAxODQ3NzI2L2tpYW4tbWVuZ3VhdC1oYXJnYS1iaXRjb2luLWtlbWJhbGktdGVtYnVzLTY3MDAwLWRvbGxhci1hcy1wZXIta2VwaW5n0gEA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kian Menguat, Harga Bitcoin Kembali Tembus 67.000 Dollar AS per Keping - Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.