Search

Harga Kripto Hari Ini 20 Agustus 2023: Bitcoin Menghijau, XRP Pimpin Penguatan - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas terpantau bergerak di zona hijau pada Minggu pagi (20/8/2023). Harga bitcoin berbalik arah menguat pada perdagangan Minggu pagi.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) naik 0,28 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga bitcoin anjlok 9,5 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 26.166 atau sekitar Rp 400,09 juta (asumsi kurs Rp 15.290 per dolar Amerika Serikat).

Demikian juga harga Ethereum (ETH) menguat dalam 24 jam terakhir. Harga Ethereum bertamabh 0,25 persen. Sedangkan selama sepekan terakhir, harga Ethereum anjlok 9,57 persen. Kini, harga Ethereum berada di posisi USD 1.672,70 atau sekitar Rp 25,56 juta.

Harga BNB naik 0,27 persen dalam 24 jam terakhir. Sementara itu, harga BNB merosot 9,61 persen selama sepekan terakhir. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 217,29.

Harga XRP melonjak 2,01 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga XRP jatuh 17,25 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,5193.

Selain itu, harga cardano juga bergerak menghijau. Harga cardano (ADA) naik 2,03 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga ADA tersungkur 7,91 persen.

Harga dogecoin (DOGE) melonjak 0,57 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga DOGE jatuh 16,55 persen. Saat ini, harga DOGE berada di posisi USD 0,06406.

Harga solana (SOL) naik 1,51 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga solana terbenam 11,88 persen. Saat ini, harga solana berada di kisaran USD 21,91.

Tron juga bergerak di zona hijau. Selama 24 jam terakhir, harga tron (TRX) bertambah 1,71 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga tron terperosok 3,98 persen. Harga tron berada di posisi USD 0,07439.

Selain itu, harga kripto hari ini seperti tether (USDT) naik 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether bertambah 0,05 persen. Saat ini, harga USDT berada di posisi USD 0,9999.

Sementara itu, harga USD Coin (USDC) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC berada di zona merah. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global tercatat naik 0,62 persen dalam sehari ke posisi USD 1,06 triliun.

2 dari 4 halaman

Ahli Prediksi Harga Bitcoin Tak Akan Sentuh Rp 1,5 Miliar Sebelum Halving 2024

Sebelumnya, ahli kripto yang sekaligus investor, Jesse Myers memprediksi harga Bitcoin tidak akan menyentuh USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.318 per dolar AS) sebelum Halving 2024. 

Dalam sebuah postingan di X (sebelumnya Twitter) pada 15 Agustus, Myers, yang merupakan salah satu pendiri perusahaan investasi Bitcoin Onramp, mengatakan pasar hanya akan menghargai kenaikan setelah terjadinya Halving.

Siklus separuh empat tahun Bitcoin kembali menjadi fokus karena peristiwa separuh berikutnya akan terjadi pada paruh pertama 2024. 

Penambang akan melihat hadiah yang diperoleh per blok transaksi turun dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC, sementara penurunan emisi yang sesuai dan dampaknya terhadap penawaran dan permintaan membuat para analis bersemangat. Namun bagi Myers, pasar hanya akan menanggung implikasi tersebut setelah halving terjadi.

“Bitcoin tidak akan melonjak menjadi USD 100.000 sebelum halving berikutnya,” jelas Myers, dikutip dari Cointelegraph, Jumat (18/8/2023). 

Analisis saat ini menunjukkan tahun sebelum peristiwa halving telah melihat kinerja harga BTC yang serupa di setiap kesempatan. Beberapa orang percaya kenaikan sudah dekat, dengan Oktober saat ini merupakan tenggat waktu yang populer bagi pasar bullish Bitcoin untuk kembali. Dalam hal prediksi harga pre-halving, USD 100.000 atau lebih bukanlah hal yang tidak biasa.

Salah satu seruan terbaru untuk Bitcoin enam digit datang dari Robert Kiyosaki, penulis buku populer, “Rich Dad Poor Dad,” yang minggu ini menggandakan prediksi harga BTC-nya. 

Sementara itu, analisis historis menunjukkan sebagian besar siklus keuntungan Bitcoin terjadi pasca-separuh daripada menjelang Halving.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Peretas Korea Utara Gondol Lebih dari USD 180 Juta Kripto Selama Semester I 2023

Sebelumnya, Korea Utara terus menimbulkan ancaman signifikan dalam ranah eksploitasi mata uang kripto. Hal itu menyusul temuan badan intelijen nasional Korea Selatan, yang mencatat peretas dari negara tersebut telah secara ilegal mengumpulkan setidaknya USD 180 juta dalam enam bulan pertama 2023.

Melansir The Block, Jumat (18/8/2023), aksi peretasan di Korea Utara kemungkinan melibatkan Grup Lazarus. Lazarus Group, adalah salah satu tersangka yang paling dicari dalam berbagai peretasan terkait crypto.

CoinsPaid, sebuah entitas yang terkait dengan pemroses pembayaran kripto Alphapo, mengungkapkan pihaknya mengalami eksploitasi senilai USD 37 juta bulan lalu, mencurigai Lazarus Group sebagai biang keladi serangan tersebut. Pemerintah AS mengidentifikasi Lazarus sebagai pelaku utama dalam peretasan senilai USD 600 juta tahun lalu di Ronin, blockchain yang mengoperasikan permainan play-to-earn yang dikenal sebagai Axie Infinity.

Grup ini telah terlibat dalam pencurian dari pengguna cryptocurrency selama beberapa tahun. Sebelumnya, perusahaan analitik Blockchain, Chainalysis mengatakan 2022 adalah tahun dengan peretasan terbesar untuk kripto, dengan nilai aset yang dibobol mencapai USD 3,8 miliar.

Perusahaan menambahkan bahwa peretasan protokol keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/defi) menyumbang 82,1 persen dari semua kripto yang dicuri oleh peretas sepanjang 2022. Selain protokol defi, Chainalysis mencatat bahwa peretas yang terkait dengan Korea Utara cenderung mengirim uang dalam jumlah besar ke sebuah sistem mixer, yang biasanya menjadi landasan proses pencucian uang mereka.

4 dari 4 halaman

Penambang Kripto Dirikan Dewan Energi Digital di Amerika Serikat

Sebelumnya, penambang kripto atau crypto miners sedang membentuk entitas baru, Dewan Energi Digital (Digital Energy Council/DEC), yang bertujuan mempengaruhi kebijakan Amerika Serikat (AS) terkait regulasi mata uang kripto dan penggunaan energi.

DEC bermaksud untuk mengadvokasi kebijakan bermanfaat mendorong pengembangan energi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, memperkuat ketahanan jaringan, menjaga daya saing AS, dan memastikan keamanan nasional karena regulator dan kongres mempertimbangkan peraturan yang berkaitan dengan cryptocurrency.

Proposal administrasi Biden untuk pajak cukai 30% pada kegiatan penambangan dan kritik dari anggota parlemen Demokrat atas dampak lingkungan mereka hanyalah dua dari kesulitan yang dihadapi penambang cryptocurrency saat ini.

Untuk itu, Pendiri dan presiden DEC, Tom Mapes menekankan pentingnya kerja sama antara penambangan aset digital dan sektor energi untuk meningkatkan ketahanan, keberlanjutan, dan efektivitas infrastruktur energi.

Melansir Yahoo Finance, Jumat (18/8/2023), Mapes menekankan pentingnya memberikan kedua sektor suara yang sebenarnya dalam pertemuan federal, merujuk pengalamannya di Kantor Urusan Internasional Departemen Energi AS. Informasi saja, Mapes sebelumnya mengerjakan kebijakan energi di Kamar Dagang Digital.

Mapes akan diposisikan sebagai karyawan tunggal DEC pada awalnya dan bekerja dari Washington, D.C. Misi utama organisasi ini adalah menyoroti bagaimana penambangan aset digital dapat membantu Amerika Serikat mencapai tujuan energinya.

DEC diposisikan sebagai satu-satunya organisasi di Washington, D.C., yang semata-mata berfokus pada penyelesaian persimpangan antara pertambangan dan energi yang melimpah.

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMieWh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9jcnlwdG8vcmVhZC81Mzc0OTc0L2hhcmdhLWtyaXB0by1oYXJpLWluaS0yMC1hZ3VzdHVzLTIwMjMtYml0Y29pbi1tZW5naGlqYXUteHJwLXBpbXBpbi1wZW5ndWF0YW7SAXFodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vYW1wLzUzNzQ5NzQvaGFyZ2Eta3JpcHRvLWhhcmktaW5pLTIwLWFndXN0dXMtMjAyMy1iaXRjb2luLW1lbmdoaWphdS14cnAtcGltcGluLXBlbmd1YXRhbg?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Kripto Hari Ini 20 Agustus 2023: Bitcoin Menghijau, XRP Pimpin Penguatan - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.