Search

Perusahaan Manajemen Investasi AS Antisipasi Penundaan Pendaftaran ETF Bitcoin - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri ARK Invest, Cathie Wood mengantisipasi penundaan lebih lanjut untuk pendaftaraan ETF Bitcoin spot yang diajukan perusahaan ke Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC).

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Senin (14/8/2023), periode evaluasi Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk pendaftaran ARK Invest berakhir pada 13 Agustus. Jika SEC memutuskan untuk menyetujui ETF spot Bitcoin apa pun, Wood menyatakan dia mengantisipasi lebih dari satu ETF yang akan disetujui secara bersamaan.

ARK Invest dan 21Shares Bitcoin ETF memimpin di antara delapan aplikasi yang ditinjau oleh regulator. Tanggal keputusan dapat diperpanjang lebih lanjut oleh SEC. Minggu ini, SEC menutup periode komentar publik untuk banyak dana.

Ketua SEC, Gary Gensler telah menyuarakan keprihatinannya atas penipuan dan manipulasi dalam industri, dan Grayscale mendesak agar setiap persetujuan potensial harus menyertakan dana sebelumnya yang telah ditolak.

Menurut Wood, fokusnya adalah pemasaran dan komunikasi karena mayoritas dana pada dasarnya sama. 

Dalam beberapa bulan terakhir banyak perusahaan besar yang mendaftarkan ETF Bitcoin ke SEC. Semuanya diawali oleh raksasa manajemen aset BlackRock mengajukan dokumen dokumen pada 15 Juni 2023 untuk meluncurkan ETF Bitcoin.

Pengajuan ini mendorong harga aset kripto, terutama Bitcoin menguat dalam beberapa pekan terakhir. Langkah BlackRock ini berdampak pada industri kripto secara keseluruhan.

Exchange Traded Fund (ETF) sendiri adalah jenis sekuritas yang melacak harga indeks, sektor, komoditas, atau aset lainnya, dan aset tersebut dapat dibeli atau dijual di bursa saham dengan cara yang sama seperti saham biasa. 

Sedangkan, ETF Bitcoin adalah dana yang diperdagangkan di bursa yang secara khusus melacak harga kripto dan memungkinkan para trader untuk mencoba memasuki pasar kripto tanpa secara langsung memiliki aset kripto

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 4 halaman

ETF Bitcoin Pertama di Eropa Direncanakan Meluncur Akhir Juli 2023

Sebelumnya, ETF Bitcoin pertama di Eropa diharapkan akan terdaftar secara publik pada akhir bulan ini, setahun penuh setelah peluncuran yang direncanakan sebelumnya. Rencana ETF Bitcoin pertama kali diumumkan oleh Jacobi Asset Management pada Juli 2022.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (18/7/2023), manajer aset ingin mendaftarkannya di bursa Euronext tahun lalu tetapi memutuskan waktunya tidak tepat setelah serangkaian peristiwa negatif di ruang kripto seperti jatuhnya proyek terra-luna dan kebangkrutan pertukaran cryptocurrency FTX .

Semua produk yang diperdagangkan di bursa berdasarkan aset digital di Eropa sejauh ini telah disusun sebagai catatan yang diperdagangkan di bursa. 

ETF bitcoin yang disiapkan oleh Manajemen Aset Jacobi untuk ditawarkan tidak dapat menggunakan derivatif, yang sebaliknya dapat menyebabkan risiko rekanan yang signifikan.

Tantangan Regulasi di Eropa

Meluncurkan ETF bitcoin di Eropa akan datang dengan tantangan regulasi yang “sangat besar”, menurut mitra pendiri ETF dan konsultan aset digital Blackwater Search and Advisory Michael O’Riordan. 

Dia menjelaskan bitcoin tidak dianggap sebagai aset yang memenuhi syarat di bawah Usaha UE untuk Investasi Kolektif dalam Arahan Sekuritas yang Dapat Dipindahtangankan (Ucits) yang memungkinkan skema investasi kolektif untuk beroperasi di seluruh Uni berdasarkan otorisasi dari satu negara anggota.

Mengutip data dari Coinbase dan Bloomberg, laporan tersebut merinci aliran bersih ke ETP aset digital Eropa mencapai USD 483 juta atau setara Rp 7,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.958 per dolar AS) selama 18 bulan terakhir.

3 dari 4 halaman

Mantan Ketua SEC Sebut ETF Bitcoin Dapat Disetujui Jika Kondisi Ini Dipenuhi

Sebelumnya, mantan Ketua SEC Jay Clayton mengatakan regulator akan sulit untuk menolak dana perdagangan pertukaran Bitcoin spot (ETF) jika produk semacam itu melakukan fungsi yang sama dengan produk berjangka.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (12/7/2023), berbicara dalam wawancara bersama CNBC, Clayton mengatakan SEC harus melihat aplikasi produk spot akan memberikan kemanjuran serupa ke pasar berjangka untuk menyetujuinya.

Dia berargumen meskipun sangat skeptis terhadap perdagangan Bitcoin ketika dia menjadi bos SEC, dia sekarang merasa sangat luar biasa pemain utama dalam keuangan tradisional ingin menempatkan nama mereka di aplikasi ETF Bitcoin spot.

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, bulan lalu mendaftar ke SEC untuk mendapatkan ETF Bitcoin spot, memimpin investor institusi untuk menuangkan uang ke industri kripto.

ETF adalah jenis sarana investasi yang melacak harga pokok suatu aset. Investor dapat membeli saham emas, mata uang asing, atau kripto melalui ETF alih-alih memiliki produk itu sendiri.

ETF Bitcoin spot adalah topik hangat saat ini karena belum ada di Amerika. Regulator terbesar Wall Street mengklaim harga Bitcoin dapat dimanipulasi sehingga enggan menyetujui produk semacam itu.

4 dari 4 halaman

Permintaan SEC

SEC juga mengklaim pelamar harus lebih jelas tentang bagaimana mereka mengelola perjanjian pembagian pengawasan yang dimaksudkan untuk mencegah penipuan dan manipulasi dengan memastikan penerbit dana memantau aktivitas perdagangan pasar, aktivitas kliring, dan identitas pelanggan.

BlackRock minggu lalu melamar lagi ke SEC dengan proposal baru yang menyelesaikan perjanjian pengawasan dengan Coinbase, pertukaran cryptocurrency terbesar di Amerika.

Investor menginginkan akses ke tempat ETF Bitcoin seperti itu karena memungkinkan mereka untuk terlibat dengan Bitcoin tanpa harus berurusan dengan penjagaan aset, menurut para ahli.

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMie2h0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9jcnlwdG8vcmVhZC81MzY4NDUwL3BlcnVzYWhhYW4tbWFuYWplbWVuLWludmVzdGFzaS1hcy1hbnRpc2lwYXNpLXBlbnVuZGFhbi1wZW5kYWZ0YXJhbi1ldGYtYml0Y29pbtIBc2h0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9hbXAvNTM2ODQ1MC9wZXJ1c2FoYWFuLW1hbmFqZW1lbi1pbnZlc3Rhc2ktYXMtYW50aXNpcGFzaS1wZW51bmRhYW4tcGVuZGFmdGFyYW4tZXRmLWJpdGNvaW4?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perusahaan Manajemen Investasi AS Antisipasi Penundaan Pendaftaran ETF Bitcoin - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.