Search

Harga Kripto Hari Ini 11 Juni 2023: Bitcoin Tertekan, Solana Pimpin Koreksi - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas harga kripto jajaran teratas terpantau berada di zona merah pada Minggu pagi (11/6/2023). Harga bitcoin dan ethereum kompak melemah pada akhir pekan ini.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto kapitalisasi besar bitcoin (BTC) merosot 2,61 persen dalam 24 jam terakhir. Bahkan selama sepekan terakhir, bitcoin susut 4,53 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 25.782,29 atau sekitar Rp 382,80 juta (asumsi kurs Rp 14.847 per dolar Amerika Serikat), demikian hingga artikel ini tayang.

Harga ethereum terpangkas 4,97 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ethereum (ETH) merosot 7,62 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.745,74 atau sekitar Rp 25,90 juta.

Demikian juga harga binance coin (BNB) yang berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Bahkan koreksi di atas 5 persen. Harga BNB merosot 8,89 persen. Selama sepekan terakhi, harga BNB anjlok 21,95 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 238,69.

Harga XRP terpangkas 6,2 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga XRP turun 2,88 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,5057.

Harga cardano (ADA) juga jatuh dalam 24 jam terakhir. Harga cardano terperosok 9,31 persen. Selama sepekan terakhir, harga cardano jatuh 27,04 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,2735.

Harga dogecoin (DOGE) melemah 10,91 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga dogecon terbenam 14,95 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06158.

Di sisi lain, harga TRON (TRX) melemah 3,71 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga TRX terpangkas 15,05 persen. Saat ini, harga TRX di level USD 0,06927.

Demikian juga harga solana turun 11,92 persen dalam 24 jam terakhir. Bahkan catat koreksi terbesar di antara kripto lainnya. Selama sepekan terakhir, harga solana (SOL) terbenam 26,23 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 15,53.

Harga kripto hari ini seperti tether (USDT) naik 0,07 persen dalam 24 jam terakhir. Sepekan terakhir, harga USDT melompat 0,04 persen. Kini, harga USDT berada di posisi USD 1,00.

Demikian juga harga USD Coin (USDC) berada di zona hijau. Harga USDC naik 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Harga USDC bertambah 0,01 persen dalam sepekan terakhir. Kini, harga USC di posisi USD 0,9999.

Kapitalisasi pasar kripto global terpangkas dalam satu hari. Kapitalisasi pasar kripto turun 4,49 persen menjadi USD 1,05 triliun.

2 dari 4 halaman

Di Tengah Tindakan SEC, Menkeu AS Ingin Regulasi Kripto Diperketat

Sebelumnya, dalam pernyataan baru-baru ini, mantan ketua Federal Reserve AS dan Menteri Keuangan AS saat ini, Janet Yellen, menyatakan keinginannya agar Kongres memberlakukan lebih banyak tindakan pengaturan terkait industri cryptocurrency. 

Yellen mengutip laporan Treasury tentang cryptocurrency yang telah menunjukkan berbagai risiko yang terkait dengan sektor yang tumbuh cepat. Yellen sangat percaya peningkatan regulasi diperlukan dalam domain kripto dan mengadvokasi Kongres untuk mengambil tindakan dan menetapkan kebijakan yang sesuai. 

“Kami telah mengidentifikasi sejumlah risiko kripto. Saya mendukung agensi tersebut untuk menggunakan alat yang mereka miliki,” kata Yellen, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (9/6/2023). 

Yellen melihat beberapa lubang dalam sistem di mana regulasi tambahan akan sesuai. Dia ingin bekerja sama dengan Kongres untuk melihat pengesahan regulasi tambahan.

Dalam banyak kesempatan, Yellen telah mengesahkan peraturan ketat untuk cryptocurrency. Selama pertemuan G20 bulan Februari, dia memberitahu wartawan membangun kerangka peraturan yang kuat sangatlah penting. 

Pada November 2022, Yellen menyebut keruntuhan FTX sebagai momen Lehman dan menekankan industri kripto memerlukan regulasi yang memadai. Yellen dikenal sebagai salah satu regulator AS yang sangat vokal dalam mengkritik kripto. 

Sebelumnya, Yellen berbicara tentang perlunya regulasi kripto yang memadai setelah runtuhnya pertukaran kripto FTX. 

Sambil menekankan pentingnya memastikan aset kripto memiliki perlindungan pelanggan yang memadai, menteri keuangan mencatat penting juga untuk tetap terbuka terhadap inovasi keuangan, terutama yang dapat menurunkan biaya transaksi lintas batas dan membantu meningkatkan inklusi keuangan.

3 dari 4 halaman

Bos SEC Tuding Banyak Perusahaan Kripto Berniat Melanggar Aturan

Sebelumnya, Ketua Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC), Gary Gensler pada Kamis, 8 Juni 2023 dengan keras membantah kritik agensi tersebut mencoba untuk menghancurkan industri kripto.

Gensler justru mengatakan banyak perusahaan kripto telah membuat keputusan ekonomi yang diperhitungkan dan direncanakan untuk menghindari serta melanggar aturan.

Berbicara di konferensi Piper Sandler di New York, Gensler juga menegaskan kembali pandangannya sebagian besar token kripto memenuhi ujian sekuritas dan harus didaftarkan ke SEC. Itu berarti sebagian besar pertukaran kripto juga harus mematuhi undang-undang sekuritas, tambahnya.

"Ketika pelaku pasar aset kripto masuk ke Twitter atau TV dan mengatakan mereka tidak memiliki pemberitahuan yang adil perilaku mereka bisa saja ilegal, jangan percaya," kata Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (9/6/2023).

Industri kripto telah menyerang Gensler dalam beberapa hari terakhir setelah SEC menggugat dua bursa kripto terbesar di dunia, Coinbase dan Binance, karena diduga melanggar undang-undang sekuritas dengan gagal mendaftarkan operasi mereka ke agensi tersebut.

4 dari 4 halaman

Coinbase dan Binance Sangkal Tuduhan SEC

Chief Executive Coinbase Brian Armstrong, seorang kritikus SEC yang blak-blakan yang telah memimpin dorongan di Washington untuk aturan kripto yang lebih jelas, pada Rabu. 

Dia juga membalas Gensler, menyebutnya orang yang dingin ketika perusahaan kripto berusaha mendekatinya terkait pendaftaran. Baik Coinbase dan Binance menyangkal tuduhan SEC dan telah berjanji untuk membela diri dengan penuh semangat di pengadilan.

Anggota parlemen AS juga menekan Binance pada Kamis, menyerukan Departemen Kehakiman untuk menyelidiki setelah tuduhan dalam keluhan SEC menunjukkan Binance telah membuat pernyataan palsu kepada Kongres tentang praktik bisnisnya dalam tanggapan tertulis atas pertanyaan anggota parlemen pada Maret.

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMidmh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9jcnlwdG8vcmVhZC81MzE1OTc1L2hhcmdhLWtyaXB0by1oYXJpLWluaS0xMS1qdW5pLTIwMjMtYml0Y29pbi10ZXJ0ZWthbi1zb2xhbmEtcGltcGluLWtvcmVrc2nSAW5odHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vYW1wLzUzMTU5NzUvaGFyZ2Eta3JpcHRvLWhhcmktaW5pLTExLWp1bmktMjAyMy1iaXRjb2luLXRlcnRla2FuLXNvbGFuYS1waW1waW4ta29yZWtzaQ?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Kripto Hari Ini 11 Juni 2023: Bitcoin Tertekan, Solana Pimpin Koreksi - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.