Search

Ini Penyebab Pasar Kripto dan Bitcoin Masih Tertahan di Akhir Juli - Investor.ID

JAKARTA, investor.id - Pasar kripto, termasuk Bitcoin, telah mengalami periode pergerakan harga yang tertahan menjelang berakhirnya bulan Juli 2023. Para investor dan trader kripto mungkin bertanya-tanya mengapa pasar tampak mengalami stagnasi dalam beberapa hari terakhir. Lalu apa penyebabnya?

Trader Eksternal Tokocrypto Fyqieh Fachrur menjelaskan, pergerakan harga Bitcoin masih tetap berkutat di dalam area yang dikenal sebagai order block atau level psikologis terkuatnya saat ini di level US$ 30.000. Bagi para trader, order block merupakan level penting yang bisa berfungsi sebagai support atau resistance kuat yang dapat mempengaruhi arah pergerakan harga. Dalam hal ini, Bitcoin tampaknya tertahan dalam kisaran harga yang belum mampu menembus level signifikan di atas US$ 31 ribu.

Fyqieh menyebut, salah satu faktor yang mungkin memainkan peran penting adalah rilis berbagai berita atau data ekonomi. Misalnya, pemberitaan mengenai aplikasi pengajuan ETF spot untuk Bitcoin masih dapat memberikan sentimen positif yang memicu kenaikan harga. Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS, indikator inflasi pilihan TheFed, pada Jumat (30/6/2023) akan menjadi rilis data ekonomi terbesar minggu ini.

Advertisement

“Data ini bisa mempengaruhi laju pasar kripto. Perkiraan konsensus adalah bahwa PCE meningkat 0,4% di bulan Mei. Angka di atas itu bisa menghentikan kenaikan harga kripto baru-baru ini. Angka di bawah kemungkinan akan memiliki efek sebaliknya,” ungkap Fyqieh, Senin (26/6/2023).

Selain itu, Fyqieh menambahkan, Ketua The Fed Jerome Powell juga masih akan memberikan pidatonya sebanyak dua kali dalam pekan ini, pada hari Rabu (28/6/2023) dan Kamis (29/6/2023). Komentar Jerome dapat membentu opini yang bisa menggerakan pasar kripto. Terlebih ia sudah mengisyaratkan lebih banyak kenaikan suku bunga pada tahun 2023.

Di luar sentimen, Fyqieh menilai, ada kemungkinan bahwa beberapa trader mungkin telah menentukan titik ambil untung (take profit) dalam posisi mereka. “Mengingat adanya potensi perubahan harga yang signifikan di masa depan di tengah ketidakpastian peraturan yang terus mengganggu pasar kripto di AS,” tambah Fyqieh.

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMiZGh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzMzMzM2My9pbmktcGVueWViYWItcGFzYXIta3JpcHRvLWRhbi1iaXRjb2luLW1hc2loLXRlcnRhaGFuLWRpLWFraGlyLWp1bGnSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Penyebab Pasar Kripto dan Bitcoin Masih Tertahan di Akhir Juli - Investor.ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.