Search

Mengenal Dash, Blockchain yang Berupaya Dongkrak Privasi Bitcoin - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Dash adalah blockchain open-source dan cryptocurrency yang berfokus pada penawaran jaringan pembayaran global yang cepat dan murah yang bersifat terdesentralisasi. Menurut buku putih proyek, Dash berupaya meningkatkan Bitcoin (BTC) dengan memberikan privasi yang lebih kuat dan transaksi yang lebih cepat.

Dilansir dari Coinmarketcap, Dash, yang namanya berasal dari "Digital Cash", diluncurkan pada Januari 2014 sebagai fork atau garpu Litecoin (LTC). Sejak ditayangkan, Dash telah berkembang untuk memungkinkan pembayaran langsung diselesaikan.

Dash memiliki token kripto utilitas dalam jaringannya yang dinamai DASH Coin. DASH digunakan untuk berbagai hal dalam ekosistem blockchain Dash.

Pendiri Dash

Dash didirikan oleh pengembang perangkat lunak Evan Duffield dan Kyle Hagan. Proyek ini awalnya bernama XCoin, mengubah namanya menjadi Darkcoin dua minggu kemudian sebelum melakukan rebranding lagi menjadi Dash pada Maret 2015 dalam upaya untuk mengubah citranya secara positif.

Sebelum meluncurkan Dash, Duffield adalah pengembang perangkat lunak dengan pengalaman di bidang keuangan, sejak bekerja di Hawk Financial Group, serta di bidang hubungan masyarakat, telah mengembangkan algoritme pembelajaran mesin dan mesin pencari. 

Dia pertama kali memahami Dash pada 2012 sebagai cara untuk menambahkan lebih banyak anonimitas ke Bitcoin karenanya, awalnya menyebutnya Darkcoin. Duffield mengklaim dia memulainya sebagai hobi, mengkodekannya hanya dalam satu akhir pekan. 

Duffield menjabat sebagai CEO Dash Core Group perusahaan yang mendukung pengembangan lanjutan, integrasi, dan aktivitas ekosistem Dash. Pada Desember 2017 Duffield  mengundurkan diri untuk fokus pada inisiatif strategis lainnya.

 

2 dari 4 halaman

Keunikan Dash

Menurut situs webnya, tujuan Dash memiliki tujuan untuk menjadi cryptocurrency yang berfokus pada pembayaran yang paling ramah pengguna dan terukur di dunia. 

Untuk mencapai hal ini, proyek bergantung pada jaringan masternode, yang merupakan server yang didukung oleh agunan yang disimpan di Dash yang dirancang untuk menyediakan layanan tingkat lanjut dengan aman dan mengatur sistem proposal Dash. 

Sebagai imbalan atas bagian dari hadiah blok, masternode menyediakan layanan lapisan kedua ke jaringan. Mereka memfasilitasi fungsi seperti InstantSend, PrivateSend dan ChainLocks.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Kripto PEPE Coin Turun, Kini Hanya Rp 11,6 Triliun

Sebelumnya, banyak investor menuai hasil yang signifikan dari pasar meme coin PEPE Coin yang melonjak. Namun, nilainya telah berkurang dari rekor tertinggi sepanjang masa (ATH). 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (11/5/2023), pada 5 Mei 2023 PEPE Coin mencapai harga puncak USD 0,00000431 per unit atau setara Rp 0,063 (asumsi kurs Rp 14.687 per dolar AS) tetapi sejak itu anjlok lebih dari 50 persen dari posisi tersebut. 

Saat ini, valuasi pasarnya berada di bawah USD 1 miliar, tepatnya sebesar USD 790 juta atau setara Rp 11,6 triliun, sedangkan pada 5 Mei, valuasi pasar nya berada di level USD 1,8 miliar atau setara Rp 26,4 triliun.

Terlepas dari devaluasi, PEPE masih berhasil melonjak sebesar 3.456 persen sejak level terendah sepanjang masa pada 18 April 2023. Selain itu, koin meme telah naik lebih dari 500 persen dalam dua minggu terakhir jika dibandingkan dengan dolar AS. 

Namun sejak 5 Mei, keuntungan telah menurun dari genggaman PEPE. Namun demikian, PEPE membanggakan USD 804 juta atau setara Rp 11,8 triliun dalam volume perdagangan global dalam satu hari, peringkat kedelapan di antara total volume perdagangan kripto.

Secara umum, selain PEPE, pasar koin meme telah menurun seiring dengan ekonomi kripto yang lebih luas. Selama beberapa hari terakhir, sektor koin meme telah kehilangan 7 persen nilainya, dengan DOGE, SHIB, PEPE, FLOKI, dan BABYDOGE semuanya mengalami penurunan. 

4 dari 4 halaman

Bank Sentral Hong Kong dan Uni Emirat Arab Koordinasi Terkait Regulasi Kripto

Sebelumnya, bank sentral Hong Kong dan Uni Emirat Arab telah mengumumkan rencana untuk memperkuat kerja sama keuangan mereka dan bekerja sama dalam mengatur aset virtual seperti kripto.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (2/6/2023), pertemuan bilateral diadakan di Abu Dhabi, dengan infrastruktur keuangan dan penyelesaian perdagangan lintas batas juga menjadi agenda. 

Bulan lalu, Otoritas Sekuritas dan Komoditas UEA mulai mengizinkan perusahaan kripto untuk mengajukan izin operasi dan Hex Trust, kustodian kripto yang berbasis di Hong Kong, adalah salah satu yang pertama menerimanya.

Platform fintech dan Web3 Finoverse, yang berkantor pusat di Hong Kong juga baru-baru ini membuka kantor di Dubai, mereka mengatakan mengharapkan kedua wilayah untuk bekerja sama lebih erat dalam teknologi blockchain.

Fokus kedua negara adalah pada penyelesaian perdagangan lintas batas dapat membuka kemungkinan penggunaan mata uang digital bank sentral mempercepat transfer dan mengurangi biaya, serta ketergantungan pada dolar AS.

Kembali pada Maret 2023, Bank Sentral UEA mengumumkan mereka berencana untuk meningkatkan ambisinya untuk Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC)  dengan fase pertama dari strategi untuk meluncurkan satu set dirham digital yang akan selesai pada saat ini tahun depan.

UEA dan Hong Kong telah bekerja sama untuk membangun mBridge, blockchain baru yang mendukung banyak CBDC dan bertujuan untuk mengatasi keterbatasan sistem pembayaran lintas batas saat ini. Transaksi korporasi nyata dilakukan sebagai bagian dari uji coba.

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMibGh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9jcnlwdG8vcmVhZC81MzA1MTMxL21lbmdlbmFsLWRhc2gtYmxvY2tjaGFpbi15YW5nLWJlcnVwYXlhLWRvbmdrcmFrLXByaXZhc2ktYml0Y29pbtIBZGh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS9hbXAvNTMwNTEzMS9tZW5nZW5hbC1kYXNoLWJsb2NrY2hhaW4teWFuZy1iZXJ1cGF5YS1kb25na3Jhay1wcml2YXNpLWJpdGNvaW4?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Dash, Blockchain yang Berupaya Dongkrak Privasi Bitcoin - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.