Search

Mengapa Bitcoin Nyaman di Level US$ 30 Ribu? Ini Penjelasannya - Investor.ID

JAKARTA, investor.id - Pergerakan pasar kripto cenderung bergerak sideways pada awal Juli 2023. Bahkan, Bitcoin masih nyaman di level US$ 30 ribu dan sudah gagal sebanyak tiga kali menembus batas US$ 31 ribu. Mengapa?  

Trader Eksternal Tokocrypto Fyqieh Fachrur menjelaskan, kejadian tersebut biasanya membuat para pelaku pasar mulai merasa pesimis. Mereka mungkin akan menduga bahwa Bitcoin akan turun, dan ini adalah reaksi yang wajar mengingat situasi tersebut. “Analisis ini menunjukkan bahwa pasar Bitcoin masih dalam kondisi yang cukup stabil, meski ada beberapa ketidakpastian,” ungkapnya, Senin (3/7/2023).

Tidak hanya itu, lanjut dia, sentimen penggerak minggu ini pun cenderung netral tidak akan banyak berpengaruh ke pasar. Pasar kripto sedang berada dalam kondisi wait and see. Hal ini terjadi setelah mereka menyaksikan drama dari Securities and Exchange Commission (SEC) yang menyebutkan ETF Bitcoin BlackRock dan Fidelity tak jelas pada pekan lalu.

Advertisement

Meskipun, Fidelity, VanEck, Invesco telah mengajukan ulang ETF Bitcoin spot ke SEC, tidak berpengaruh kuat ke pasar untuk kembali naik. Investor masih menunggu kejelasan dari respons SEC terhadap pengajuan ulang tersebut. “Sementara harapan SEC untuk menyetujui setidaknya satu aplikasi ETF masih ada,” tambahnya.

Di sisi sentimen makroekonomi, Fyqieh menambahkan, pekan ini akan menjadi minggu yang sibuk. Angka PMI Manufaktur dari Tiongkok dan AS akan menarik perhatian investor yang akan dirilis pada Senin waktu setempat (3/7/2023). Kontraksi tak terduga di seluruh sektor manufaktur Tiongkok dan AS akan menyalakan kembali kekhawatiran resesi. Kemudian, pada Kamis (6/7/2023) akan ada perilisan PMI non-manufaktur AS yang membantu memahami kondisi ekonomi dan inflasi di Amerika.

“Pada Jumat (7/7/2023) akan ada perilisan data NFP (nonfarm payrolls) AS yang akan menjadi indikator kuat untuk kebijakan suku bunga The Fed ke depannya,” paparnya.

Sedangkan sentimen aset kripto berdasarkan ‘Bitcoin Fear and Greed Index’ saat ini berada pada level 63, yang menunjukkan adanya ketamakan atau serakah (Greed). Dalam 24 jam terakhir, pasar kripto telah menunjukan pada poin 63 yang artinya netral ke bullish dan poin ini akan mengalami penguatan di masa mendatang.

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)

Baca Or Read Again https://news.google.com/rss/articles/CBMiXmh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzMzMzkyNy9tZW5nYXBhLWJpdGNvaW4tbnlhbWFuLWRpLWxldmVsLXVzLTMwLXJpYnUtaW5pLXBlbmplbGFzYW5ueWHSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengapa Bitcoin Nyaman di Level US$ 30 Ribu? Ini Penjelasannya - Investor.ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.